Tuesday, 20 November 2012

Biografi Pak Gesang









Nama Lengkap: Gesang Martohartono

Nama Populer: Gesang
Tanggal Lahir: 1 Oktober 1940
Tempat Lahir: Surakarta, Jawa Tengah

Wafat: 20 Mei 2010
Pencipta Lagu : Bengawan Solo

Pak Gesang Martohartono yang lebih populer dengan nama Gesang, lahir pada tanggal 1 Oktober 1940 di Surakarta, Jawa Tengah. Beliau merupakan penyanyi dan pencipta lagu asal Indonesia. Pak Gesang dikenal sebagai "maestro keroncong Indonesia," Salah satu lagu yang sangat terkenal di Indonesia dan juga Dunia adalah Bengawan Solo. Lagu 'Bengawan Solo' telah diterjemahkan kedalam, lebih dari 10 bahasa termasuk bahasa Tionghoa, bahasa Inggris dan bahasa Jepang.


Lagu Bengawan Solo diciptakan pada tahun 1940, ketika Pak Gesang masih berusia 23 tahun. Proses Penciptaan lagu Bengawan Solo tersebut terinspirasi saat Beliau sedang duduk di tepi Sungai Bengawan Solo. Proses penciptaan lagu ini memakan waktu sekitar 6 bulan. Cukup lama untuk menciptakan sebuah lagu yang sangat indah dan sangat populer ini.

Lagu Bengawan Solo memiliki popularitas tersendiri di luar negeri, terutama di Negara Jepang. Bengawan Solo pernah dipakai dalam salah satu film layar lebar Jepang.


Namun, Lagu Bengawan Solo Ciptaan Pak Gesang dibajak oleh orang belanda, penulis menonton acara berita telivisi di SCTV, akhir bulan April 2010 kemarin, ini yang membuat kesehatan Pak Gesang Turun drastis, dan harus dirawat Di rumah sakit.


Pak Gesang Martohartono tutup usia tanggal 20 Mei 2010. Pencipta lagu Bengawan Solo ini wafat di ruang rawat ICU RS PKU Muhammdyah, Solo


Artikel Terkait:

Design by BlogSpotDesign | Ngetik Dot Com